Seiring dengan perkembangan zaman, tak terasa kita sudah berada di zaman yang modern penuh kecanggihan semuanya dapat dilakukan dengan mudah. Semua pasti ada hal baik dan buruknya sama seperti perkembangan teknologi ini. Kita sebagai pengguna hendaknya meningkatkan sisi positifnya ketimbang sisi-sisi negatif. Karena sudah banyak perlindungan yang mengatur contohnya saja Copyright.
Berikut kronologi IT dari awal sampai sekarang:
1.Teknologi
Generasi Awal
Pada tanggal
16 Oktober 1882, jaringan telepon lokal pertama kali digunakan di Indonesia
oleh pihak swasta yang mendapat izin konsesi selama 25 tahun. Sejak saat itu,
mulai bermunculan perusahaan-perusahaan jaringan telepon di Indonesia. Namun,
pada masa awal ini, Perusahaan-perusahaan tersebut hanya membuka hubungan
telepon di kota-kota besar saja. Pada tahun 1906, pemerintah pun mengambil alih
dan memonopoli semua perusahaan jaringan telepon, kecuali jaringan telepon
Perusahaan Keretea Api Deli. Pada tahun 1967, perusahaan telekomunikasi
berhasil menyelesaikan pembangunan jaringan telekomunikasi Nusantara yang
meliputi proyek gelombang mikro lintas Sumatra, dan gelombang mikro lintas
Indonesia Timur. Pada tanggal 9 Juli 1976, Indonesia kemudian meluncurkan
satelit palapa. Dan dimulailah babak baru perkembangan teknologi informasi di
Indonesia yang bergerak sangat cepat dan pesat sejak diluncurkannya satelit
ini.
Indonesia mulai mengenal internet pada tahun 1990-an. Pengguna internet pertama di Indonesia pada tahun 1988 menggunakan CIX (Inggris) dan Compurserve ( AS) untuk mengakses internet. Internet pun saat ini semakin sering digunakan dan semakin berkembang dengan pesat.
Indonesia mulai mengenal internet pada tahun 1990-an. Pengguna internet pertama di Indonesia pada tahun 1988 menggunakan CIX (Inggris) dan Compurserve ( AS) untuk mengakses internet. Internet pun saat ini semakin sering digunakan dan semakin berkembang dengan pesat.
2.Teknologi
Masa Kini
Di Indonesia
pun informasi-informasi dari berbagai belahan dunia sudah dapat diakses dengan
cepat dan mudah. Fasilitas internet telah mengubah paradigma masyarakat
menjadi semakin modern dan praktis. Internet saat ini semakin mudah diakses.
Selain fasilitas warnet yang semakin banyak, orang-orang juga dapat mengakses
internet melalui PC atau laptopnya di rumah, atau dengan memanfaatkan fasilitas
hotspot, atau bahkan dengan menggunakan handphone. Tidak hanya itu, internet
saat ini telah dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, bisnis, kemiliteran,
dan berbagai bidang lain.
3.Teknologi
Masa Akan Datang
Untuk
prediksi perkembangan-perkembangan yang terjadi di dalm dunia teknologi masing-masing
bidang dideskripsikan seperti list di bawah ini.
Social Gaming
Dampak perkembangan Facebook yang semakin besar di tahun 2010 akan ditampilkan lebih seru melalui membesarnya pemain social game seperti Farmville dan Playfish yang ditengarai sudah melebihi pertumbuhan Twitter sekalipun. Perkembangan ini dipicu oleh munculnya penggunaan micropayment yang semakin populer dan berkembang seperti model game flash online.
Body Motion Sensor
Kini bermain game akan lebih asyik karena akan muncul kontroller yang memanfaatkan gerakan anggota tubuh seperti badan, tangan dan kaki. Microsoft memiliki projek Natal sementara Playstation juga memiliki Motion Controller yang berfungsi sama. Sementara di PC sudah tersedia beberapa software yang memanfaatkan gerakan tubuh dengan sensor webcam.
Internet TV
Perkembangan ini akan mulai marak di tanah air di tahun 2010 tapi masih memiliki kendala mahalnya biaya untuk penggunaan umum. Namun begitu trend internet TV akan melonjak drastis di 2010 disebabkan selesainya infrastruktur Telkom yang saat ini dalam proses pembangunan. Persoalannya adalah konten yang masih harus bersaing dengan social network seperti Facebook yang cukup mengambil trafik bandwith yang tinggi.
Mobile Payments
Sejalan dengan semakin maraknya Facebook di mobile gadget akan memicu penggunaan mobile payment di HP. Model pembayaran T-Cash menjadi contoh yang memulai trend tersebut di 2009. Pada tahun 2010 akan muncul pemain-pemain baru di bidang pembayaran mobile online ini.
Itulah kiranya sekilas tentang IT kebanyakan saya mengambil dari google, blog, dan saya rangkaikan sendiri Terimakasih...
Social Gaming
Dampak perkembangan Facebook yang semakin besar di tahun 2010 akan ditampilkan lebih seru melalui membesarnya pemain social game seperti Farmville dan Playfish yang ditengarai sudah melebihi pertumbuhan Twitter sekalipun. Perkembangan ini dipicu oleh munculnya penggunaan micropayment yang semakin populer dan berkembang seperti model game flash online.
Body Motion Sensor
Kini bermain game akan lebih asyik karena akan muncul kontroller yang memanfaatkan gerakan anggota tubuh seperti badan, tangan dan kaki. Microsoft memiliki projek Natal sementara Playstation juga memiliki Motion Controller yang berfungsi sama. Sementara di PC sudah tersedia beberapa software yang memanfaatkan gerakan tubuh dengan sensor webcam.
Internet TV
Perkembangan ini akan mulai marak di tanah air di tahun 2010 tapi masih memiliki kendala mahalnya biaya untuk penggunaan umum. Namun begitu trend internet TV akan melonjak drastis di 2010 disebabkan selesainya infrastruktur Telkom yang saat ini dalam proses pembangunan. Persoalannya adalah konten yang masih harus bersaing dengan social network seperti Facebook yang cukup mengambil trafik bandwith yang tinggi.
Mobile Payments
Sejalan dengan semakin maraknya Facebook di mobile gadget akan memicu penggunaan mobile payment di HP. Model pembayaran T-Cash menjadi contoh yang memulai trend tersebut di 2009. Pada tahun 2010 akan muncul pemain-pemain baru di bidang pembayaran mobile online ini.
Itulah kiranya sekilas tentang IT kebanyakan saya mengambil dari google, blog, dan saya rangkaikan sendiri Terimakasih...
0 komentar:
Posting Komentar